Monday 20 March 2017

Perawatan Agar Pleci Cepat Lasrol

Photo by Pleci Gacor
Burung Pleci kalian belum berkicau keras dan tidak mau Lasrol?, Nah memang ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan pleci anda tidak suka berkicau atau malas berkicau. padahal mungkin anda sudah menerapkan perawatan rutin dari a sampai z.

Nah jika anda mengalami hal ini, tenang anda tidak sendirian banyak juga pleci mania yang kesulitan. Tips agar pleci anda kembali berkicau dan fit lagi biasanya jika burung pleci anda tua anda tinggal mmencari yang muda, atau jika selama ini hanya merawat 1 burung pleci sebaiknya tambah koleksi lagi burung pleci 2 - 3 burung lagi, dikarenakan burung pleci adalah burung yang suka berkoloni dan bukan burung penyendiri. Nah pada dasarnya, pleci akan cepat berkicau apabila dirawat dengan baik serta penuh kasih sayang hehehe.

Namun jika burung ini hanya dipelihara dengan pemberikan pakan fur saja atau biasa saja tanpa memperhatikan pola perawatan dan makanan yang sesuai, maka alhasil burung pleci pun tidak akan mengeluarkan performa maksimal dan seperti yang diharapkan para pleci mania. Sedikit tips dan triknya pemeliharaan atau perawaran pleci agar lebih cepat lasrol (ngalas dan ngerol) yang bisa anda coba dan berikan pada pleci misalnya dengan penjemuran, pengembunan, pemberian pakan, pemasteran (pelatihan suara) dan sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya lagi, bisa menyimak beberapa tips perawatan harian :

  1. Penjemuran Pleci
    Penjemuran burung pleci harus dan sangat perlu dilakukan dengan rutin, karena langkah awal ini burung pleci yang terbiasa dengan penjemuran akan terlihat lebih sehat. Hal ini juga perlu untuk menunjang kesehatan pleci tersebut, Adaan rentan waktu penjemuran pleci diusahakan hanya sekitar 1-2 jam saja dikarnakan lebih dari itu akan mengganggu keadaan fisik pleci itu.
  2. Pembentukan Fisik dalam Perawatan Pleci
    Pada dasarnya burung pleci yang mampu berkicau dengan suara yang lantang dan suaranya yang sudah mengkristal adalah pleci yang aktif dan selalu dalam keadaan kondisi fisik yang sehat dan prima. Hal yang kita perlukan untuk mengawali pembentukan fisik burung pleci adalah dengan memberikan 2 tangkringan dengan jarak yang berdekatan dalam sangkar agar burung pleci lebih banyak bergerak dari 1 tangkringan ke tangkringan lainnya. Hal ini dapat menyebapkan nafas burung pleci lebih panjang sehingga suara pleci akan lebih terdengar nyaring dan lantang.
  3. Pemberian Pakan Untuk Pleci
    Nah untuk pemberian pakan burung pleci harusnya mengandung asupan gizi yang lengkap dan sesuai kebutuhan burung pleci. Jika kita hanya memberikan fur saja, maka burung pleci tidak bisa menunjukan performa yang maxsimal. 
    Dan burung pleci tak hanya membutuhkan fur saja, adapun makanan pokok yang juga harus diberikan yakni Buah-buahan segar seperti apel, pisang kepok, jeruk, pepaya dll. Kemudian Ekstra Fooding (makanan tambahan) berupa ulat hongkong, ulat kandang, kroto dan sebagainya.
  4. Pelatihan Suara atau Pemasteran Burung Pleci
    Ditahap ini mungkin jadi tombak untuk menunjang kualitas isian dari kicauan burung pleci. Untuk pemasterannya kita bisa menggunakan suara kicau burung yang pas dengan karakteristik burung pleci.Adapun waktu pemasteran usahakan dilakukan saat malam hari atau saat burung dalam keadaan tenang.
Nah jika cara diatas sudah dilakukan dengan baik dan benar. maka hasil dari usaha yang kita lakukan juga pasti berbuah manis. Jika tak ada kendala pasti burung pleci juga akan cepat lasrol (ngalas dan ngerol). Jadi jika kita mandikan pleci dengan rutin maka kualitasnya pun akan lebih tinggi, baik itu pada postur tubuh maupun performa kicaunya.
Load disqus comments

0 comments